Beranda > PENDIDIKAN > Solusi NUPTK bermasalah

Solusi NUPTK bermasalah

Jika anda bermasalah dengan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) tentang prosedur pemprosesan, kesalahan data, komplain dlsb. Sekarang anda sedikit banyak mendapatkan solusi dengan membaca posting ini.
Sebenarnya pemerintah telah memberikan pelayanan atas segala masalah anda, tetapi pelayanan tersebut rata-rata belum tersosialisasi dengan secara menyeluruh sehingga kebanyakan dari para pendidik belum mengetahui.Sebagian besar masalah yang ditemui adalah, anda telah berulang kali mengirimkan berkas pengajuan NUPTK, tetapi selalu saja ditolak karena kesalahan. Sebenarnya hal itu disebabkan karena ketidaklengkapan dalam pengisian berkas anda, antara lain :

Data yg harus terisi lengkap agar NUPTK bisa diperoleh adalah

  • Nomor KTP
  • Nama Ibu Kandung
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Riwayat pendidikan sejak dari SD s.d pendidikan terakhir
  • Mata pelajaran yg diampu
  • Jumlah jam mengajar
  • TMT PNS dan TMT tugas
  • Pangkat/Golongan

Jika anda merasa lengkap dan benar dalam mengisi berkas pengajuan NUPTK dan ingin mengecek NUPTK anda Via SMS petunjuknya seperti ini :

Khusus PNS

Ketik :

NUPTKCEKNIP(spasi)NIP(spasi)NAMA

cth: NUPTKCEKNIP 131738881 PRAYITNO

Non PNS

Ketik:

NUPTKCEKDAT#TGL_LAHIR#NAMA_GURU#NAMA_
SEKOLAH#KAB/KOTA/PROVINSI

cth: NUPTKCEKDAT#24051979#PRAYITNO#SD N 1 MAJU#JAWA TENGAH

Format TTL adalah DDMMYYYY

Kirim ke:

087882305419

Mesin hanya menjawab individu yg sudah mempunyai NUPTK. Jika dalam 24 jam belum ada balasan, artinya NUPTK anda belum ada. Silahkan menghubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota anda untuk pemprosesan lebih lanjut.

Jika anda masih menemui kendala, dapat menghubungi call centere tabulasi NUPTK di nomor telepon

(021) 32490330

di layani pukul 09.00 – 16.00 WIB

:idea:Tips:
Sebenarnya pembuatan NUPTK dapat dilakukan langsung melalui LPMP, karena banyak kasus pengiriman berkas pendataan NUPTK melalui dinas Kabupaten tidak membuahkan hasil. Ikuti petunjuk berikut !

Langkahnya:

  1. Siapkan berkas pengajuan NUPTK, formatnya download disini ! atau format yang dilengkapi petunjuk silahkan klik disini !
  2. Silahkan sampaikan berkas usulan anda langsung ke LPMP atau kirim via POS. Alamat LPMP lihat disini !

Disclaimer :
Mengklik beberapa link di bawah, akan di hantar ke website resmi pengelola NUPTK pusat dan meninggalkan halaman Pubercity.Wordpress.com, dalam hal ini pubercity tidak bertanggung jawab terhadap isi dan interaksi anda terhadap website tsb.

Apabila anda ingin menghubungi tim Tabulasi NUPTK via messanger dan download prosedur pemrosesan NUPTK silahkan Klik disini

Untuk download data tabulasi sementara NUPTK per Kabupaten seluruh Indonesia silahkan Klik disini

Statistik visual NUPTK saat ini:

Baca artikel lainya, klik box ini !

  1. EKO SUSETIYANINGTIYAS
    25 Agustus 2009 pukul 15:07

    Bapak/ ibu yang terhormat, sepertinya data saya kurang pada NAMA IBU KANDUNG.
    Nama Ibu Kandung : SUDARIJAH

    Seingat saya yang lainnya sudah lengkap bahkan sudah pernah diperbaharui datanya.

    Sampai hari ini saya belum tahu berapa NUPTK nya.

    Terimakasih

    @ eko
    Kalau Ibu sudah usaha pentok tidak muncul-muncul, silahkan datang langsung ke LPMP saja, hal itu yang dilakukan rekan saya, hasilnya langsung jadi.

  2. yan
    2 Oktober 2009 pukul 15:07

    Ke LPMP Menenui siapa dan dan bagian apa mas?

  3. rina insani setyowati
    7 November 2009 pukul 15:07

    apakah ada layanan pendaftaran nuptk via online?

    @tdk ada bu, tapi pelayanan keluhan dan ceking data ada, silahkan berkunjung pada alamat NUPTK pusat di atas.

  4. 30 Maret 2010 pukul 15:07

    Assalamu’alaikum…
    Bapak/Ibu saya mau tanya, kenapa NUPTK saya dan teman-teman belum keluar sampai sekarang ya? padahal sudah diajukan beberapa bulan yang lalu, kira-kira 6 bulan yang lalu. setiap kali saya tanyakan di dinas belum jadi, dan begitu seterusnya.
    mohon, diberikan penjelasan, apakah jika kami mengirimkan Via Pos, maka akan memudahkan proses pembuatannya? dan apa saja yang harus dilampirkan selain berkas pengajuan yang sudah ada? (mungkin perangko balasan).
    terima kasih.
    mohon di balas.
    wassalam

    @Silahkan datang ke LPMP untuk minta penjelasan, atau jika tidak silahkan kirimkan berkas anda kembali ke LPMP via pos tanpa lampiran

    • 7 April 2010 pukul 15:07

      terima kasih pak/bu….
      saya akan kirimkan via pos saja…
      terima kasih atas bantuannya

  5. 2 April 2010 pukul 15:07

    1. alamat LPMP Jabar dimana??
    2. Apakah bisa jika saya mengirimkan berkas langsung ke Jakarta, soalnya alamat Jabar tidak ada…

    Alamatnya disini !

  6. 28 Juli 2010 pukul 15:07

    assalmualaikum, wr. wb
    Bapak / Ibu yang terhormat
    saya mau tanya,Apakah saya bisa langsung mengirimkan berkas ke LPMP ke Jakarta, masalahnya alamat LPMP Prov. Kalimantan Timur tidak ada?
    terima kasih sebelumnya………..di tunggu yah jawabannya segera.

  7. kamilia hanif
    24 Desember 2010 pukul 15:07

    assalamu’alaikum wr wb

    pak saya punya teman kembar ( Anis Hidayatun dan Anis Hidayaty).otomatis datanya sama semua.yang berbeda hanya nama akhirnya saja.dari SD sampai Perguruan tingginya ditempuh dalam waktu dan tempat yang sama.masalahnya pada saat NUPTK dikeluarkan, NUPTK teman saya hanya satu saja yang keluar.atas nama anis hidayaty sedang anis hidayatun tidak ada NUPTKnya dengan alasan double counting dengan anis hidaty.padahal mereka berangkat dari instansi yang beda kecamatan.bagaimana solusinya????

  8. a'am
    10 Maret 2011 pukul 15:07

    haduuuuh NUPTK tu rumahe manaaaaaaaaaaaaa paaaak???????????????

  9. bambang
    6 Juni 2011 pukul 15:07

    bagaimana cara mebetulkan NUPTK yang salah nama ibu kandungnya, pada hal sudah berulang kali untuk dibetulkan, ternyata masih salah lagi.no NUPTK 9453 7346 3620 0013 atas nama Kashari,nama ibu kandung yang benar adalah PATIMAH tertulis Warsinah. tolong pak untuk dibetulkan.trimakasih

  10. pakerara
    8 Juni 2011 pukul 15:07

    assalamualaikum..
    pak/bu maaf saya mau bertanya…sudah beberapa kali kami bersama teman-teman mengisi berkas usulan NUPTK kurang lebih ada 50 teman satu sekolah. terahkir baru ada 4 yang diterima dan NUPTK nya ke luar. pertanyaannya apa yang lain baru dalam proses atau bagaimana ?
    terima kasih
    an BUDI SANTOSA
    MTs N GANTIWARNO KLATEN JAWA TENGAH

  11. windy
    15 Juli 2011 pukul 15:07

    Mau tanya pak…saya dulu buat NUPTK waktu saya mengajar di Karawang Jawa Barat statusnya GTT. Sekarang saya pindah mengajar ke Sleman statusnya PNS. jika ada isian ada kolom NUPTK saya sudah isikan. Tetapi waktu update data kemarin saya tidak tercantum. Apa saya musti lapor dulu kalo say dulu memuat NUPTK nya di Karawang atau bagaimana?

  12. mariyono
    11 Agustus 2011 pukul 15:07

    Assalamu’alaiku Wr. Wb
    mau nanya pak…. saya sudah dapat kartu NUPTK tetapi setelah saya cek Nomor tersebut atas nama orang lain yaitu Siti Nuraini sedangkan saya sudah dapat sk Inpassing dengan NUPTK tersebut, saya minta tolong bagaimana cara pemecahannya pak dan apa yang harus saya lakukan ?
    nama : mariyono, se
    NUPTK : 5046-7656-6630-0013

    sebelum dan sesudanya kami haturkan banyak terima kasih.
    Wassalamualaiku Wr. Wb

    Coba bapak konfirmasi dan bertanya langsung solusi pada UP di UPT bapak. Semoga membantu…

  13. 30 Agustus 2011 pukul 15:07

    UNTUK PENGAJUAN NUPTIK ONLINE KAPAN RESMINYA YACH..??? ISUNYA UDAH DARI TAHUN 2010…

    setahu saya malah dapat di ajukan lewat UPT masing-masing pak….

  14. Choirul Anam
    7 Februari 2012 pukul 15:07

    Syukron ntk infoxa,, smg yg Maha Esa mmbalasx dg sbaik2’x balasan.. Amiin..

    amin ya Rob…

  15. sukris triyanto
    18 Februari 2012 pukul 15:07

    saya sudah mengajukan 5 kali tapi kenapa NUPTK saya tidak keluar2 juga padahal TMT ku sudah 4 tahun

    Hubungi kantor dinas kabupaten kabupaten anda langsung pak, untuk konfirmasi dan permintaan penjelasan

  16. juniarti
    7 Mei 2012 pukul 15:07

    Assalamualaikum…
    saya mo tanya pak!
    saya sudah brulang x datang k dinas, menanyakan nuptk tp blum ada titik terang nya (no nya salah dr awal bgt jg foto nya)…trakhir saya minta lembar koreksi data nya > mereka blng blum ada bu? mohon kpd bpk beri solusi nya. terimakasih….wassalam

  17. 31 Januari 2013 pukul 15:07

    Bapak?ibu yang terhormat. saya mau tanya! saya sudah punya NUPTK tapi nama saya salah. yang biasanya AINI SUFIYATI tertulis AINI SURIYANI. Saya sudah coba ke dinas ktnya sudah dirubah. tapi kenyataannya sampai sekarang saya melihat NUPTK online belum berubah. bagaimana solusi saya agar bisa memperbiki nama yang salah itu. mohon diberi solusinya. terima kasih………

  18. Nie
    29 Maret 2013 pukul 15:07

    Bpk / Ibu yg terhormat sya pNS sudah mengajukan NUPTK 2 tahun lebih. Tp smpai skrg blum juga keluar. Sya sudah menghubungi dinas kota & LPMP kata’y dari pusat sedang offline. Jdi smw kota tidak bisa. Apakah benar begitu? Kira2 kapan ya online’y karena sya sangat membutuhkan NUPTK tersebut.

  19. 20 Juni 2013 pukul 15:07

    Bapak/Ibu yg terhormat.Saya sudah punya NUPTK 4563 7386 3930 0533 .
    Nama NISBAH UMAR.Tapi setelah saya cek pada situs Padamu Negeri,ternyata nama saya beda yaitu berubah menjadi MISBAH UMAR.Sementara ada saya temukan nama NISBAH UMAR dengan sekolah yg sama ,ternyata laiin nomornya.Tolong bagaimana solusinya pak.

  20. 26 Juli 2013 pukul 15:07

    Do you mind if I quote a few of your articles as long
    as I provide credit and sources back to your website?
    My website is in the exact same niche as yours and my users would truly benefit from a
    lot of the information you present here. Please let me know if this alright
    with you. Cheers!

  21. 1 Agustus 2013 pukul 15:07

    What a stuff of un-ambiguity and preserveness of precious knowledge on
    the topic of unexpected emotions.

  22. 7 Agustus 2013 pukul 15:07

    Awesome things here. I’m very satisfied to look your post. Thank you a lot and I’m taking a look ahead to contact
    you. Will you kindly drop me a e-mail?

  23. munji hardani
    4 Oktober 2014 pukul 15:07

    ass.
    lgsung saja,, tahun 2013 saya tidak mengupdate data NUPTK krn saat itu saya mengikuti pendidikan profesi selama 1 tahun. begitu sya tanyakan kpd operator sekolah tempat dulu sya megajar, trnyata NUPTK sdh tdk aktif. pun begitu saat sya cek d web Padamu negeri. apakah NUPTK sya trsebut msh bisa diaktifkan kembali?? mohon pencerahannya. terimakasih.

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

